Sosialisasi CSP Batch-3 di Desa Jangkaran

Kulon Progo. Pertanyaan-pertanyaan mengenai relawan muncul dari warga yang  mengikuti acara Sosialisasi CSP Batch-3 di desa Jangkaran pada hari Selasa, 21 Oktober 2008 yang lalu. Sosialisasi yang mengambil tempat di Balai Desa Jangkaran Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo ini dihadiri kurang lebih sekitar 25 orang. Hadir pada kesempatan kali itu antara lain: Kepala Desa dan beberapa perangkat desa, perwakilan dari unsur BPD, warga dan kaum perempuan.

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB itu diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Jangkaran yang menyampaikan sekilas terkait adanya program penyusunan Rencana Pembangunan Permukiman (RPP) / Community Settlement Plan (CSP) yang akan dilaksanakan di desa Jangkaran. Sesi dilanjutkan oleh Ade Masya Resa selaku senior fasilitator tim 4 yang memaparkan materi CSP, diantaranya menjelaskan mengenai gambaran umum CSP itu sendiri, tahapan-tahapan yang ada dalam penyusunan CSP mulai dari penjaringan relawan, sosialisasi tingkat dusun, pembentukan TIP, Rembug Kesiapan Masyarakat (RKM), sampai dengan usulan dan penyusunan prioritas program dalam CSP.

Disamping itu, M. Taufik selaku Tenaga Ahli Training dan Sosialisasi dari NMC yang sedang melakukan monitoring kegiatan sosialisasi CSP Batch-3, pada kesempatan kali itu juga memberikan tambahan penjelasan singkat terkait CSP dan pelaksanaan implementasi Bantuan Dana Lingkungan (BDL) sebagai tindak lanjut dari CSP nantinya. Dalam pemaparannya, beliau menghimbau agar dalam pelaksanaan penyusunan dokumen CSP nantinya warga diharapkan melihat dan meninjau kembali dokumen-dokumen rencana pembangunan yang sudah ada di desa Jangkaran seperti RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) atau dokumen-dokumen yang lain. Hal ini bertujuan agar dokumen CSP yang akan disusun merupakan penyempurnaan dari dokumen pembangunan yang sudah ada dengan penambahan aspek penting yaitu mitigasi bencana dan penataan ruang desa. Point penting lain yang disampaikan dalam kesempatan kali itu adalah bahwa program ini adalah berbasis masyarakat, dalam pengertian bahwa keterlibatan aktif masyarakat sangat dibutuhkan. Dalam kegiatan ini masyarakat sebagai aktor utama dalam proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kegiatan akan didampingi oleh fasilitator di lapangan. Diakhir penjelasannya, M. Taufik mengharapkan agar sosialisasi ini terus ditingkatkan dan diteruskan sampai ke tingkat kampung/dusun.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab terkait program CSP yang akan dilaksanakan. Berbagai pertanyaan muncul dari warga yang hadir pada kesempatan itu, antara lain terkait dana BDL, kesulitan-kesulitan teknis yang nantinya dihadapi warga, proses pendampingan masyarakat, dan beberapa terkait dengan relawan meliputi tugas atau fungsi relawan dan struktur organisasi relawan. Dijelaskan pada sesi tersebut bahwa tidak ada kepengurusan dalam relawan. Pada prinsipnya tidak ada batasan dalam relawan, setiap warga yang perhatian dan peduli dengan kemajuan desanya boleh mendaftarkan diri sebagai relawan. Keberadaan relawan inilah yang nantinya akan membantu dalam setiap pelaksanaan kegiatan dalam CSP. Disamping itu, dijelaskan juga bahwa relawan merupakan embrio (cikal bakal) dari TIP (Tim Inti Perencana) yang nantinya menjadi motor penggerak di masyarakat dalam pelaksanaan penyusunan CSP di desa.

Dan pada kesempatan kali itu, di akhir acara juga dilakukan penjaringan awal relawan dari warga yang hadir. Antusias warga terhadap program ini sangat bagus, hal ini terlihat dari banyaknya relawan yang terjaring pada saat itu. Penjaringan relawan ini akan terus dilakukan tanpa batasan jumlah dan nantinya akan dilakukan pelatihan relawan agar dapat membantu fasilitator dalam proses sosialisasi di tingkat yang lebih rendah dan dalam setiap tahapan kegiatan CSP nantinya. (Sumber: Didit A – Web Editor / Sosinfo – NMC Rekompak-JRF)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: