Diksar 9 RZI Jogja

Resmi sudah Carel (Calon Relawan) Angkatan 9 RZI Cab. Jogja menjadi RELAWAN RZI. Setelah mengikuti berbagai rangkaian acara Diksar (pendidikan dasar) yang berlangsung selama 4 hari ( 21-24 Agustus 2008 ) yang bertempat di Bumi Perkemahan Sermo, Kulon Progo. Dengan motto “Tetap Semangat Bahagiakan Umat” inilah para mujahid/mujahidah ini siap berjuang demi memperjuangkan umat agar tetap bahagia.


diksarrzi

Bagi sebagian orang, dunia kerelawanan mungkin tidak menarik sama sekali. Di tengah tingginya tuntutan pemenuhan ekonomi dan obsesi untuk menggapai sebuah cita-cita, menjadi relawan terdengar kurang membanggakan. Sebagian pemuda menceburkan diri ke dalam kehidupan hedonisme masa muda, sebagian lagi tekun mempersiapkan diri dengan keilmuan yang dia minati tanpa melihat lingkungan sekelilingnya.

Relawan RZI mempunyai 4 fungsi dasar, yaitu :
1. Fungsi Operation Committe, Relawan merupakan ujung tombak aktivitas kemanusiaan, oleh karena itu Relawan memiliki fungsi melaksanakan kegiatan aksi-aksi kemanusiaan yang mendukung aktivitas Rumah Zakat Indonesia dalam upaya mencapai tujuan-tujuannya, baik aktivitas indoor maupun di outdoor.

2. Fungsi Human Resources Development, Relawan memiliki fungsi sebagai Bank SDM dari Rumah Zakat Indonesia apabila akan ada kebutuhan SDM.
3. Fungsi Event Organizer, Relawan juga membantu mengorganisasikan kegiatan-kegiatan yang rutin maupun insidental Rumah Zakat Indonesia.
4. Supporting Kegiatan Pendampingan, Relawan diharapkan membantu dalam mensukseskan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan fokus utama pelatihan kepemudaan yang digulirkan Rumah Zakat Indonesia. Tentunya relawan terlebih dahulu menampilkan diri sebagai pionir dalam kegiatan kepemudaan.

Rekruitment relawan dilakukan setahun sekali. Setiap pemuda yang mendaftar sebagai relawan akan mengikuti setiap tahapan pendidikan yang ada di dalam relawan. Puncaknya adalah Pendidikan Dasar ibilah yang merupakan puncak dari bergabungnya relawan tersebut dalam Youth Care Division of Rumah Zakat Indonesia, yang merupakan acara pelantikan bagi calon relawan yang ada. Pola kaderisasi memberikan pendidikan dan pelatihan terpadu selama dua tahun.

Relawan adalah agen perubahan di dalam masyarakat yang akan membawa bangsa ini keluar dari berbagai permasalahan yang kompleks.
Bangkitlah Pemuda Indonesia…….
Songsong Hari Depan Lebih Baik
Harapan itu MASIH ADA…… RELAWAN…!!!
Tetap Semangat Bahagiakan Umat….

8 Komentar (+add yours?)

  1. Febry
    Jan 24, 2009 @ 16:58:23

    Salam…

    Tetap Semangat ya bro!!

  2. Febry
    Jan 25, 2009 @ 09:50:08

    Iya dulu sih di P2KP Aceh Barat. Sekarang sudah tidak lagi. JRF itu kayaknya sama dengan rekompak, dulu ana sering kerja bareng dengan fasilitator Rekompak tuk rehabilitasi pemukiman pasca tsunami. Antum backgroundnya teknik ya?

    Salam

  3. shevade
    Jan 25, 2009 @ 10:09:56

    Yup, Rekompak-JRF githu lgkpny. Iya teknik planologi / urban-regional planning. Tp bljr jg seh tntg comdev, kan masuk bagian dr participatory planning.

  4. wahyu
    Feb 07, 2009 @ 21:37:06

    mas,lho mau ikut jd relawan rzi gmn?kpn?hub me di email

  5. ayuk
    Feb 19, 2009 @ 09:36:21

    tetap semangat bahagiakan umat ya..😉

  6. syauqimujahid
    Jun 10, 2009 @ 07:00:01

    keren.. lagi iseng searxh tentang relawan, nemu link ini

  7. sugeng
    Jul 13, 2010 @ 12:02:39

    saya minat untuk bergabung caranya?

  8. shevade
    Jul 15, 2010 @ 07:49:30

    pak sugeng tinggal di kota mana?
    untuk bergabung, tinggal hubungi kantor cabang rumah zakat yg ada di kota bapak, tidak harus menunggu pada saat recruitment, silahkan mencoba,,,
    atau nanti sy bisa menghubungkan ke beberapa relawan yg ada d kota bapak (jika pd kota yg saya punya channelnya),,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: